Aqsa Ready Mix

OFFICE : Jln. Raya Pabuaran, Komplek Ruko Cikeas Gardenia B15, Gunung Putri, 16966. Bogor, Indonesia. PHONE : 0811 96 80 604.

Menu

Concrete Pump Truck: Pompa Beton

Jumat, Desember 2nd 2016.
Concrete Pump Truck: Pompa Beton

Concrete Pump Truck: Pompa Beton

Concrete Pump Truck: Pompa Beton – Pada pekerjaan konstruksi satu alat yang sangat dibutuhkan kehadirannya adalah concrete pump truk atau pompa beton.

Bagi orang awam, alat ini akan terlihat sebagai kendaraan truk kecil yang mempunyai lengan atau boom serta dilengkapi dengan alat pompa yang mengunakan pipa-pipa besi.

Fungsi alat berat ini adalah untuk memompa campuran beton ready mix ke lokasi pengecoran yang sulit dijangkau.

Untuk proses pengecoran pada lantai yang lebih tinggi dengan panjang lengan concrete pump, dapat disambungkan dengan pipa secara vertikal, horizontal, atau bahkan miring hingga mencapai ketinggian sebagaimana yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja proyek Anda agar Lebih Optimal.

Pompa Beton Sebagai Alternatif Terbaik

Pemompaan alat ini merupakan alternatif yang paling fleksibel untuk memindahkan campuran beton ke lokasi-lokasi yang diinginkan pada bidang pengecoran secara akurat.

Dengan pompa beton resiko segregasi juga akan lebih minimal serta inlah cara yang paling cocok bila dibandingkan dengan transportasi material beton dengan metode lain.

Sebelumnya harus diperhatikan dahulu nilai slump dari campuran beton yang hendak dipompa.

Jika adonan semakin pekat maka kinerja pompa akan menjadi lebih berat. Untuk mengetahui nilai slump digunakan alat yang disebut kerucut abrams.

Pompa beton ini pada umumnya digunakan untuk pengecoran slup atau lantai dengan kapasitas pengecoran adalah 10 sampai dengan 100 m3 tiap jam-nya.

Sementara alat yang dibutuhkan untuk pengecoran kolom adalah concrete bucket dan pipa termie. Inilah sebabnya keberadaan alat ini pada suatu proyek menjadi sangat penting.

Kerusakan pada alat ini bisa menjadi penyebab molornya waktu pembangunan.

Alat Penunjang Pengecoran Lainnya

Saat pengecoran dilakukan selain concrete pump truck dibutuhkan pula concrete vibrator yang berguna untuk memadatkan hasil pengecoran sehingga tak rapuh atau beton menjadi keropos.

Satu hal yang perlu menjadi perhatian saat penggunaan alat ini, adalah saat alat bergetar dalam proses memadatkan beton, harus diupayakan tak sampai mengenai pembesian karena hal ini bisa berdampak pada pergeseran posisi tulangan.

Jarang sekali operator beton readymix menyediakan alat pompa beton atau concrete pump truck ini tetapi lebih sering mereka mempunyai rekanan yang bisa menyediakan peralatan.

Hal-hal yang penting untuk diperhatikan dalam menyewa alat konstruksi ini adalah:

  1. Menentukan serta menyesuaikan jenis dan kapasitas alat dengan kebutuhan pada proyek pembangunan Anda.
  2. Dana yang tersedia idealnya juga disesuaikan dengan tarif sewa alat.
  3. Sebelum digunakan cek apakah mesin concrete pump benar-benar bisa bekerja dengan baik agar tak sampai terjadi hambatan pada jadwal kerja proyek Anda.
  4. Ada berbagai jenis concrete pump dan sebaiknya pastikan dulu apakah Anda menyewa alat yang tepat agar penggunaannya tepat sasaran.

Demikianlah sekilas tentang alat pompa beton serta beberapa panduan sederhana bila Anda hendak menyewa alat konstruksi tersebut pada perusahaan penyedia jasa persewaan alat-alat berat.

Semoga bisa menjadi referensi yang berguna untuk Anda.

 BACA JUGA : DAFTAR HARGA DAN KUALITAS BETON COR

 

Rekomendasi Produk Kami

Terlaris
Rp Mulai 690 Juta UP thn 2010
Volume : Bucket 1 - 2M3
Lebar Truk : 3 meter
Tinggi Truk : 4 meter
Terlaris
Rp mulai 870/m3
Volume : 1-7 m3
Lebar Truk : 3 meter
Tinggi Truk : 4 meter
Terlaris
Rp mulai 850/m3
Volume : 1-7 m3
Lebar Truk : 3 meter
Tinggi Truk : 4 meter
Terlaris
Rp mulai 840/m3
Volume : 1-7 m3
Lebar Truk : 3 meter
Tinggi Truk : 4 meter
Terlaris
Rp mulai 810/m3
Volume : 1-7 m3
Lebar Truk : 3 meter
Tinggi Truk : 4 meter
Terlaris
Rp Mulai 790/m3
Volume : 1-7 m3
Lebar Truk : 3 meter
Tinggi Truk : 4 meter